Selamat Datang di Ruang Informasi Masyarakat Gorontalo JABODETABEK Selamat Datang di Ruang Informasi Masyarakat Gorontalo JABODETABEK Media Gorontalo: GORONTALO MASIH BERKATEGORI TERMISKIN, ICON LAMAHU TERPILIH JADI HARAPAN
Mohon Maaf Jika Tampilan Blog Tidak Memuaskan Anda

Sabtu, 01 Juni 2019

GORONTALO MASIH BERKATEGORI TERMISKIN, ICON LAMAHU TERPILIH JADI HARAPAN



Jakarta MG, PemiluPresiden/wakilpresiden dan Caleg( CalonAnggotaLegislatif) yang diselenggarakan secara serentak diseluruh Indonesia tahun ini, telah memunculkan sederetan nama-namatop eksekutif yang tergabung dalam kepengurusan di LAMAHUperiode 2015-2020. Mulai dari tingkat Bandhayo ( Badan Pembina/pengawas), Sara’a ( Badan  Penasehat) dan Bubato ( Badan Pengurusharian) mereka memanfaatkan momen kontestasi politik dari CAWAPRES ( Calon Wakil Presiden) hingga para CALEG  yang ingin mewakili daerah pemilihan provinsi Gorontalo.

Diantaranya SandiagaS.Uno ( Cawapres) Rahmat Gobel ( Caleg DPR RI),Fadel Mohammad ( Caleg DPD RI),  Roem Kono, ( Caleg DPR RI), Elnino Husain Mohi ( Caleg DPR RI), Hana Hasanah FM ( Caleg DPR RI), dan Ida Saidah RH ( Caleg DPR RI) untuk periode tahun 2019-2024 mendatang.

Sementara Abd. Haris Bobihoe sebagai ketua umum LAMAHU mengambil posisi mengikuti Caleg DPRD di daerah pemilihan Prov. Jawa Barat. Hal itu dikatakan oleh Hamzah Iza ketua Harian Lamahu diacara LAMAHU kawasan Cawang Jakarta Timur beberapa hari lalu.

HAMZAH ISA
Menurut Hamzah, mereka yang ikut kontestasi di pesta politik tahun ini sebagian besar pengurus eksekutif bahkan telah menjadi icon LAMAHU yang ingin berbakti kepada Negara ditingkat Nasional melalui kendaraan partai politik yang mereka kehendaki masing-masing. Kita harus menghargai hak politik dan keputusan mereka.

Dalam PEMILU kali ini, sebenarnya target LAMAHU semua orang LAMAHU yang ikut kontestasi politik akan terpilih terutama Sandiaga Uno. Tetapi kalaupun hasilnya berbeda, tentu masih ada yang lain. Artinya jika lepas dua atau tiga orang masih ada lain yang lolos.  Tetapi perlu di tegaskan, bahwa LAMAHU tidak pernah berpolitik karena di LAMAHU tidak ada partai politik.

Meskipun masih menunggu penetapan resmi dari KPU,tetapi dari hasil real qount KPU nampaknya ada yang dipastikan sudah lolos keparlemen Senayan Jakarta yaitu gedung DPR RI,  DPD RI, dan DPRD kabupaten dan Kota dan Provinsi, namun ada pula yang masih berjuang hingga ke MK ( MahkamahKonstitusi).

Kata Hamzah, orang Gorontalo diluar daerah itu kalah kwantitas. Begitu juga di parlemen, namun Orang Gorontalo yang terpilih atau dipilih oleh rakyat, artinya orang Gorontalo yang terpilih itu memilik ikapasitas, kwalitas yang mumpuni dan potensinya untuk ikut berperan berbakti kepada Negara sangatlah besar.

Bagi mereka yang telah terpilih, Ia berharap tetap menjaga amanah rakyat dan meskipun bekerja untuk kepentingan nasional, tetapi demi kemajuan daerah tentu tetap memperhatikan dan membantu pemerintrah daerah provinsi Gorontalo untuk kebutuhan pembangunan dan masyarakat di daerah Gorontalo yang kitacintai. Sementara bagi mereka yang belum memenangkan pertarungan politik di PEMILU tahun ini, agar tetap bersabar. Sebab bisa saja ada tempat lebih baik yang Allah SWT akan berikan kepada mereka. Ujarnya


Gambar: Suasana Buka Puasa Keluarga Besar Gobel , 25/05/2019
Ditempat berbeda, adalah Winarni Monoarfa, mantan sekda provinsi Goronralo yang juga tercatat sebagai penerima Award/penghargaan kategogori pejabat negara terbaik nomor 2 di seluruh Indonesia versi KEMENPAN RI tahun 2018 lalu, ketika ditemui saat acara buka puasa yang diselenggarakan oleh keluarga Besar Gobel di ShangRila Hotel Jakarta, pada 25 Mei lalu

Kepada Media GORONTALO, Winarni mengatakan dengan terpilihnya Rahmat Gobel jadi anggota DPR RI dan seluruh caleg lainnya untuk periode 5 tahun mendatang, maka insya Allah mereka akan memberikan kontribusi yang lebih banyak untuk kemajuan daerah dan masyarakat di Gorontalo.
Gambar: Winarni Monoarfa saat menerima penghargaan dari KEMENPAN RI

Rahmat Gobel selain tokoh nasional juga dikenal dibelahan di luar negeri dan saat ini mendapat kepercayaan dari masyarakat Gorontalo bahkan memperoleh suara terbanyak. Insya Allah dengan adanya Rahmat Gobel di DPR RI ditambah jaringan kerjanya yang luas bisa ikut membantu memperjuangkan program strategi pemerintah daerah untuk mengatasi persoalan di Gorontalo.

Winarni Monoarfa
Winarni yang kini bekerja sebagai Staf Ahli bidang hubungan antara pusat dan daerah di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menambahkan, saat ini Gorontalo masih masuk dalam kategori 5 (lima) besar yang masyarakatnya termiskin secaranasional.

Meskipun harus diakui Gorontalo setelah lepas dari Sulawesi Utara dari tahun ketahun angka kemiskinan di Gorontalo sudah mengalami perubahan/penurunan. Perubahan itu adalah upaya pemda. Gorontalo yang bekerja dengan semua pihakter masuk stackholder untuk mengatasi berbagai persoalan itu.

Perlu diketahui, bahwa alokasi anggaran APBD untuk provinsi Gorontalo tidak besar. Sehingga dibutuhkan perjuangan semua pihak. Kenaikan alokasi anggaran APBD Gorontalo tadinya tahun ketahun hanya naik 100(seratus) miliyar sekarang sudah mencapai keangka 2 ( dua) triliunan di tambah APBN yang di kucurkan oleh pemerintah pusat memang sudah besar. Tapi sekali lagi saya katakan, nilai itu belum cukup untuk memenuhi kebutuhan pembangunan dan mengatasi pengentasan masyarakat miskin di Gorontalo.Ujarnya

Saatditanya, sebetulnya apa yang paling mendasar untuk kebutuhan pembangunan secara umum di Gorontalo?

Ia menguraikan, ada 3 hal pokok yang menjadi prioritas dan sangat dibutuhkan untuk pembangunan Gorontalo.

Pertama, mendorong sektor pertanian dan perikanan agar lebih maju.
Karena,dalam rencana program pembangunan jangka panjang daerah provinsi Gorontalo sampai dengan tahun 2005 masih bertumpuk pada sektor pertanian termasuk perikanan.

Kedua, adalah masalah investasi. 
Fiscal di daerah Gorontalo masih lebih besar dari APBN. Jika kita berpegang pada hasil pembahasan MUSREMBANG, pemerintah pusat pun masih kesulita nuntuk mengatasinya karena semua daerah harus di pikirkan juga. Oleh sebab itu,bagaimana para anggota DPR RI, DPD RI dan DPRD se kabupaten, Kota danProvinsi yang terpilih dan didukung oleh pejabat di pemerintahan daerahnya masing-masing harus memikirkan agar para investor akan masuk ke Gorontalo. Soal izin, regulasi, birokrasi pemerintah provinsi Gorontalo telah melakukan terobosan-terobosan untuk memberikan kemudahan melalui pelayanan satu pintu bagi para investor yang akan berinvestasi di Gorontalo.

Ketiga, perlu pengembangan sektor parawisata
Daerah Gorontalo banyak memiliki sumber-sumber parawisata. Contoh:Olele itu begitu luar biasa keindahan tempatnya sehingga saat ini di kenal sebagai Hidden Paradise( Surga Tersembunyi), tetapi masih belum terpublikasi dengan baik. Begitu juga dengan Danau Limboto. Danau Limboto saat ini juga sudah sangat mengalami kemajuan yang luar biasa. Tahun ini anggaran relahabitas lahan untuk daerah Gorontalo cukup besaryaitu 12.000 ( dua belas ribu) hektar tetapi yang 5000 ( lima ribu) hektar khusus programnya kementrian lingkungan hidup dan kehutanan yang secara khusus diberikan kedaerah-daerah hulu di Danau Limboto. Nah, semoga dengan adanya program ini lambat laun dapat menyelesaikan degradasi lingkungan. Apoalagi kita tahu bahwa Gorontalo itu daerah yang rawan Gempa, longsor dan lain-lain.


Lima tahun kedepan setelah selesainya penetapan presiden dan wakil presiden terpilih tentu akan dimulainya program jangka menengah umtuk tahun anggaran 2020-2024 .

Perlu diketahui, CALEG yang lolos dan terpilih menjadi anggota legislative DPR RI, DPD RI dan DPRD di kabupaten,kota dan provinsi mereka adalah orang-orang yang telah memenuhi kwalifikasi, kapabel dan mempunyai integritas yang tinggi. Juga, Masyarakat Gorontalo yang berada di luar daerah Gorontalo banyak yang pintar dan memiliki kelebihan bahkan sangat potensial. Oleh sebab itu diminta atau tidak, harus memberikan kontribusi pemikiran dan hal lain yang sifatnya membantu pemerintah pusat dan daerah untuk membangun daerah Gorontalo.

Sebab, apapun kesulitan di daerah Gorontalo jika kita semua akan bergandengan tangan secara bersama-sama untuk membangun Gorontalo, maka Insya Allah semua akan teratasi dengan baik. Insya Allah daerah Gorontalo tambah maju dan rakyatnya bisa
sejahterah. Demikian kata Prof. Dr.Ir.Hj. Winarmi Monoarfa. MS, nama lengkapnya(Berita & gambar by Ibrahim )

Tidak ada komentar: