Selamat Datang di Ruang Informasi Masyarakat Gorontalo JABODETABEK Selamat Datang di Ruang Informasi Masyarakat Gorontalo JABODETABEK Media Gorontalo: MENKO EKONOMI DAN MENHUB JANJIKAN 50 MILIYAR UNTUK BANDARA JALALUDIN DI GORONTALO
Mohon Maaf Jika Tampilan Blog Tidak Memuaskan Anda

Sabtu, 31 Maret 2012

MENKO EKONOMI DAN MENHUB JANJIKAN 50 MILIYAR UNTUK BANDARA JALALUDIN DI GORONTALO


MENKO Ekonomi, B.J.Habibie, Menhub dan Gubernur Gorontalo
Jika menjelang tahun 2001 LAMAHU, ikut memfasilitasi keinginan rakyat Gorontalo  memperjuangkan pembentukan daerah Gorontalo menjadi sebuah daerah Otonom. Maka tahun ini menjelang akhir masa bakti  pengurusnya  periode tahun 2007 – 2012, lagi – lagi LAMAHU, Jabodetabek membuat   terobosan dan memberi catatan penting bagi pemerintah pusat dan daerah demi kepentingan  rakyat dan daerah di Gorontalo.
Maka, momen peringatan HUT ke - 11 Provinsi Gorontalo  sekaligus menyambut Gubernur dan wakil Gubernur terpilih periode 2012 – 2017, hasil pilihan rakyat Gorontalo pada tahun 2011 lalu. yang dirangkai dalam acara Silaturrahim dan Syukuran Bersama antara masyarakat Gorontalo rantau se JABODETABEK, dengan Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Gorontalo terpilih. Maka,  LAMAHU kembali memfasilitasi pertemuan antara Gubernur – wakil Gubernur, Ketua DPRD Provinsi, dengan dua menteri negara yaitu, Menko Perekonomian Indonesia, Ir.M.Hatta Rajasa  dan Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan yang sangat dibutuhkan bahkan menjadi prioritas utama untuk pembangunan ekonomi dan infrastruktur di daerah Gorontalo. 

Tidak hanya itu, lebih dari seribu lima ratus masyarakat Gorontalo, tokoh – tokoh, dan putra - putri asal Gorontalo yang sukses  menjadi pejabat di luar daerah Gorontalo, serta mantan Presiden RI ke 3 Prof. DR.Ing. B.J.Habibie, yang sempat absen dalam setiap acara – acara besar LAMAHU beberapa tahun lalu, maka kali ini sepetinya B.J.Habibie harus menjadi bagian dari saksi pertemuan  antara  dua  menteri negara dan pejabat dari daerah yang kini berstatus daerah termiskin nomor 3 secara nasional itu.

Marten Taha, E.E.Mangindaan, Rusli Habibie
Kemasan tema “ Dengan Syukuran Bersama Kita Tingkatkan Sinergitas Antara Masyarakat Gorontalo LAMAHU Se Jabodetabek Dengan Gubernur – Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Masa Bakti 2012 – 2017”. serta menggunakan Anjungan Gorontalo bertempat di Taman Mini Indonesia Indah ,Jakarta.  sepertinya telah ikut menjadi saksi bisu untuk mendengarkan serta melihat langkah awal pertemuan emas antara para pejabat yang menjadi tumpuan harapan rakyat itu.

Agung Mozin sekjend. LAMAHU, dalam sambutannya mengatakan, LAMAHU adalah satu-satunya organisasi Gorontalo di Jakarta yang memfasilitasi saat itu masyarakat Gorontalo ingin memperjuangkan daerahnya agar dibentuk menjadi daerah otonom atau provinsi. Maka menjadi patut, jika hari ini LAMAHU mensyukuri daerah Gorontalo telah berumur 11 tahun juga telah memiliki  Gubernur dan wakil Gubernur ke 2 setelah terbentuk menjadi provinsi. Ujarnya.

Agung Mozin
Kata Agung, meskipun kehadiran MENKO Ekonomi tidak memiliki relevasinya dalam acara ini, namun LAMAHU tetap berupaya mengundang MENKO EKONOMI ( Menteri Koodinator Perekonomian Indonesia ) Ir.Hatta Rajasa hadir dalam acara syukuran ini dengan alasan karena kondisi daerah Gorontalo saat ini, posisinya termiskin nomor 3 secara nasional.  Juga belum lama ini,  kita kehilangan 2 menteri orang Gorontalo untuk berperan pada Negara. Oleh karena kita, tidak memiliki alat perangkat lagi pada kekuasaan, maka hari ini LAMAHU hanya mampu memfasilitasi pertemuan antara seorang Menko Ekonomi, dengan Gubernur dan wakil Gubernur, para bupati dan tokoh - tokoh masyarakat Gorontalo di Jakarta. Ujarnya

                Agung menambahkan, perlu kita ketahui, bahwa LAMAHU hanyalah sebuah lembaga yang tidak memiliki kewenangan apapun. Tetapi, LAMAHU hanya memiliki aset manusia - manusia yang banyak dan salah satunya hari ini memiliki akses kepada pejabat negara yang membawahi hampir 20 Departemen dalam pemerintahan Indonesia saat ini. Agung berharap, pertemuan ini menjadi kesempatan yang baik bagi Gubernur – wakil Gubernur ketua DPRD dan para bupati yang hadir pada saat ini untuk berbicara tentang pembangunan ekonomi rakyat dan daerah di Gorontalo. Agung, juga berharap kepada bapak Menko Ekonomi agar rasa syukur kita hari ini, dapat dirasakan  oleh masyarakat Gorontalo yang berada dibalik – balik Gunung, di pesisir, dengan cara memberikan arahan kepada bapak Gubernur dan para Bupati tentang langkah – langkah strategis mereka dalam bentuk kebijakan publik untuk lebih memihak kepada rakyat Gorontalo yang tidak sejahtera agar menjadi lebih sejahtera. Demikian kata Agung.

Sementara itu, Marten Taha, ketua DPRD Provinsi Gorontalo, mengatakan tahun ini daerah Gorontalo telah berusia Sebelas tahun, karena daerah Gorontalo menjadi provinsi tepatnya pada tanggal 16 Februari 2001 lalu. Dalam usianya yang telah mencapai 11 tahun,  kita telah mengabdi dan membangun Gorontalo demi kesejahteraan rakyat di Gorontalo. namun, harus diakui memang belum banyak yang dilakukan oleh provinsi Gorontalo jika kita bandingkan dengan ekspektasi dan harapan masyarakat pada umumnya.  Sebab ekspektasi dan harapan masyarakat begitu tinggi sementara kemampuan daerah kita sangat terbatas.  Oleh karena itu, melalui kesempatan yang sangat berharga ini,  di hadapan Menko Perekonomian,  dalam kapasitasnya sebagai wakil rakyat Gorontalo ia menyampaikan beberapa aspirasi yang perlu ditindak lanjuti pada tingkat nasional melalui kebijakan pembangunan nasional, sehingga apa yang dilakukan oleh LAMAHU  yaitu untuk melakukan syukuran dan silaturahim , mengsinergikan masyarakat Gorontalo yang ada di perantauan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Gorontalo bisa tercapai. Tuturnya.

Kebijakan program MP3EI, Tanpa
Dukungan Infrastruktur

Marten Taha
Kata Marten ( panggilan dekatnya ) belum lama ini kita sama – sama telah mengetahui kebijakan baru bapak Presiden SBY, yang dikenal dengan nama MP3EI ( Masterplan Percepatan,Perluasan, Pembangunan Ekonomi Indonesia ) meskipun kebijakan itu atas nama presiden, tapi dalam pemahaman kami arsiteknya  adalah  Menko Perekonomian. Dalam kebijakan itu,  Gorontalo masuk koridor 4 yaitu untuk mempercepat di  bidang pertanian, peternakan dan pertambangan. Tetapi pak menteri, jika infrastrukturnya belum mendukung, maka program itu kami kira tidak akan jalan.  Melalui  kesempatan ini menurut aspirasi rakyat Gorontalo bahwa ada  beberapa hal penting menyangkut   nfrastruktur yang perlu disampaikan ke pak menteri untuk ditambahkan di khususnya di daerah Gorontalo. Apalagi saat ini, Gubernur terpilih, sedang giat - giatnya memper-juangkan penambahan infrastruktur tersebut. Gubernur telah berbicara dengan DPRD Provinsi Gorontalo tentang program dimana akan meningkatkan infrastruktur dan membangun jalan lingkar untuk mempercepat jalan transportasi dari bandara hingga ibu kota Provinsi Gorontalo. Kemudian pak menteri, seperti  bandara, pelabuhan laut dan pelabuhan udara, apalagi pelabuhan udara  “Jalaludin” yang saat ini sudah banyak menimbulkan masalah. Disamping itu, peningkatan produksi pertanian yang direncanakan akan membuka lahan seluas tiga puluh  hektar lagi, tetapi ini adalah kerja sama antara Pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur dengan DPRD Provinsi Gorontalo  yang tujuannnya ingin meningkatkan kesejahteraannya  rakyat Gorontalo.
Masih dengan Marten, berharap kepada seluruh masyarakat Gorontalo di perantauan, tokoh – tokoh di seluruh Indonesia.  Sebab, jika kita ingin membangun Gorontalo yang lebih maju, maka tentu kita harus bersinegri dengan baik , bersinegri yang positif sebagaimana tema dalam acara LAMAHU hari ini. Kata dia,  politik sudah berakhir sekarang kita menatap masa depan daerah dan rakyat Gorontalo baik yang ada di Gorontalo maupun yang berada di luar Gorontalo dan berbicara Gorontalo kedepan tergantung kita semua. Demikian kata Marten

Partai Politik di Gorontalo telah Bersatu,  Pendidikan dan Kesehatan Sudah Gratis di Gorontalo

Masih ditempat yang sama Rusli Habibie, Gubernur Gorontalo, Alhamdullilah, rejeki datang hari ini, sebab dua menteri yang sangat sibuk dan susah ditemui, Alhamdulillah bisa hadir bersama kita ditengah – tengah masyarakat Gorontalo se Jabodetabek. Rusli (panggilan dekatnya) mengatakan tahun ini kami terpilih menjadi Gubernur ke tiga setelah terbentuk menjadi provinsi Gorontalo sebelumnya Tursandy Alwi Gubernur pertama yang meletakan nilai-nilai dasar Demokrasi  dan mempersiapkan perangkat DPRD Provinsi Gorontalo,  kemudian melalui pilkada telah terpilih Gubernur kedua Fadel Muhammad didampingi Gusnar Ismail sebagai wakil Gubernur.

Gubernur Gorontalo
Rusli menambahkan, sesuai dengan tema hari ini yaitu syukuran dan silaturrahmi bersama atas terpilihnya Gubernur Provinsi Gorontalo Priode 2012 - 2017.  Untuk itu perlu disampaikan, bahwa setelah dilantik menjadi Gubenur dan wakil Gubernur, kami telah berupaya membuat kesepakatan bersama dengan seluruh Bupati, para pemimpin partai politik yang ada di provinsi Gorontalo untuk sebaiknya bersatu kembali membangun Gorontalo. Karena persoalan politik telah selesai. Kemudian, meskipun kami memiliki 10 program unggulan, namun yang menjadi prioritas adalah pendidikan gratis , kesehatan gratis, peningkatan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan. Point pendidikan menjadi skala prioritas karena daerah Gorontalo memiliki kekayaan sumber daya alam yang memadai. Tetapi sumber daya manusia masih terbatas. tetapi harus diakui infrastruktur di Goronatalo hingga saat ini masih memerlukan perbaikan dan peningkatan. Soal kesehatan, saat ini mulai dari rumah sakit ,puskesmas, termasuk menggunakan mobil ambulance telah dilayani dengan gratis. Program ini sudah di tandatangani oleh seluruh Bupati yang ada di Gorontalo. Namun, Infrastruktur inilah persoalan utama sehingga membuat rakyat Gorontalo masih dikatakan sangat miskin. Contohnya  jalan nasional yang hanya 700 km hampir rata - rata mengalami kerusakan. jembatan – jembatan pun juga demikian. Jalan menuju ke pusat – pusat produksi seperti pertanian, jagung peternakan dan lain - lain semuanya banyak yang mengalami kerusakan begitupula, air bersih ternyata masih susah didapatkan,belum lagi listrik yang serba sangat terbatas. Oleh sebab itu berhubung telah ada dua menteri dihadapan kita maka, sebagai Gubernur, saya lebih banyak memberikan kesempatan kepada menteri untuk memberikan arahan kepada kami kebijakan ekonomi secara nasional terutama untuk pembangunan daerah Gorontalo.
Rusli juga menghimbau, harus diakui banyak orang Gorontalo menjadi tokoh-tokoh yang terkenal seperti H.B Yassin , Jhon Katili , B.J Habibie, dan lain sebagainya oleh sebab itu marilah kita lahirkan tokoh - tokoh besar itu untuk menjadi suatu kekuatan baru demi Gorontalo yang lebih maju.

Pertahankan Nilai Budaya, terutama Bahasa Gorontalo

Sebagai Gubernur Ia,  berharap kepada masyarakat Gorontalo di perantauan agar tetap mempertahankan nilai dan budaya Gorontalo terutama menggunakan bahasa Gorontalo sebagai Alat Komunikasi yang dimanfaatkan  dalam setiap pertemuan, sebab saat ini banyak orang Gorontalo yang    tidak lagi menggunakan  bahasa Gorontalo. Bahkan banyak orang Gorontalo yang lebih merasa bangga menggunakan bahasa daerah lain ketimbang bahasa kita sendiri. JIka, orang Gorontalo tidak menggunakan dan mempertahankan bahasa Gorontalo maka nilai budaya dan bahasa kita pasti akan punah . Oleh sebab itu, marilah kita harus membiasakan berdialog dengan bahasa Gorontalo kita harus bangga dengan bahasa kita. Demikian ungkap Gubernur

Sementara itu Menko Ekonomi, Ir. M.Hatta Rajasa dalam sambutannya,  mengatakan ketika diundang menghadiri acara ini, ia bertanya kepada Agung Mozin, apa relevansinya saya harus menghadiri acara ini. Tetapi, karena saya cinta kepada rakyat Gorontalo maka saya harus berada disini. Ujarnya.
Kata Hatta ( sapaan kesehariaanya ) sesuai tema Syukuran bersama antara masyarakat Gorontalo se Jabodetabek dengan Gubernur dan wakil Gubernur terpilih, maka atas nama  negara saya mengucapkan selamat  kepada Gubernur dan wakil Gubernur provinsi Gorontalo terpilih periode 2012 - 2017, semoga dapat menyelesaikan tugas sesuai harapan rakyat Gorontalo.

MENKO Ekonomi
Ia menambahkan, tadi telah disampaikan bahwa daerah Gorontalo termiskin nomor 3 secara nasional. Memang, setelah terjadi pemekaran beberapa wilayah di Indonesia maka, 183 daerah yang mengalami ketertinggalan. Tetapi, marilah kita bersabar. Sebab banyak dari kita yang tidak sabar, kebanyakan kita itu maunya serba cepat. Pemerintah telah melakukan langkah melalui kebijakan - kebijakan yang semuanya untuk rakyat Indonesia termasuk Rakyat di Gorontalo. Oleh sebab itu pak Gubernur  tentu kita perlu membahas hal ini lebih luas dan tidak disini. Artinya ada waktu tersendiri kita akan bicara bersama dengan Gubernur ,Bupati , bagaimana cara kita mengatasi ekonomi kerakyatan yang akhirnya akan mengentaskan kemiskinan secara cepat .

Menko Ekonomi menambahkan, Pak Gubenrur, kantor Menko Perekonomian beserta jajarannya siap akan membantu, tapi kuncinya adalah komunikasi, karena banyak hal yang tidak terselesaikan persoalannya hanya pada komunikasi yang tidak terkomunikasi dengan baik.

50 miliar untuk menyelesaikan Bandar udara JALALUDIN.

Lebih lanjut kata Menko, mengenai pembangunan infrastruktur di Gorontalo, melalui menteri perhubungan kita menyediakan anggaran 50 miliar untuk menyelesaikan Bandar udara JALALUDIN. Kemudian, soal jalan lingkar dari bandara ke Kota Gorontalo, dan ,  kereta api, hal itu baik, tapi kita harus konsisten. Perlu diketahui,  anggaran Bandara , pelabuhan, jalan yang menjadi penghubung  masyarakat  ke daerah – daerah kepulauan, pemerintah telah sediakan senilai sembilan triliun, untuk wilayah di bagian timur Indonesia antara lain papua barat ,Maluku utara ,NTT dan beberapa Kepulauan termasuk daerah di Gorontalo. Ungkap Menteri

Menurutnya, pengentasan kemiskinan itu tidak ada cara lain kecuali affirmative action yaitu kemiskinan harus ditembak secara langsung  ditempatnya.  Dengan cara membangun infrastruktur dasar masyarakat seperti air bersih, pembuatan perbaikan jalan – jalan perdesaaan, irigasi , sambil kita memperhatikan masyarakat yang betul – betul miskin. Kita dekati dengan program 3 dan 4, tujuannya yaitu untuk  mengembangkan masyarakatnya harus ada pendapatan yang bersifat bantuan hanya sementara gar mereka bangkit.  Setelah itu mereka harus memiliki pekerjaan tersendiri.

Siap untuk membantu dan membahas persoalan  Gorontalo

Masih dengan Menko Ekonomi, jadi, tugas kita mengclear lapangan kerja buat masyarakat itu . Oleh sebab itu pak Gubernur,  semoga pertemuan ini menjadi langkah  awal kita dari suatu niat bersama membangun Gorontalo yang lebih baik.  Singkatnya Insya Allah ia  siap untuk membantu dan membahas persoalan  Gorontalo dengan  Gubernur yang tentu telah memiliki strategi , APBD begitu juga dengan para Bupati. Pusat juga memiliki APBN tetapi itu tidak cukup. Jadi, kita harus mengclear BUMN,pihak Swasta para Investor masuk ke situ dengan paket-paket masing – masing. Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi suatu kenyataan. Demikian kata Menko Ekonomi yang juga ketua umum PAN itu.

B.J. Habibie
Sementara itu B.J.Habibie yang menjadi pembicara terakhir  dalam sambutannya mengharapkan agar tetap memanfaatkan SDM ( Sumber Daya Manusia ) Keterbarukan. ia ( read B.J. Habibie)  juga menyampaikan masih tetap akan melanjutkan cita - citanya untuk membuat pesawat meskipun hanya bisa terbang dalam 1 waktu bulan sekali.Tidak hanya itu. ia, juga  menyampaikan kepada Menko Ekonomi bahwa Kereta api adalah satu pilihan alat ...
ransportasi yang cepat, tepat dan murah  untuk melayani rakyat dan bisa diadakan untuk menghubungkan daerah dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Utara. Ia juga tidak menapik pendapat yang  mengatakan bahwa jumlah  penduduk Gorontalo  tidak lebih dari 1 juta , tetapi relatif banyak juga yang memiliki produktifitas  tinggi ketika berada di luar daerah Gorontalo. Oleh sebab itu, ia menghimbau agar tetap tidak melupakan daerah Gorontalo. ia juga menghimbau agar seluruh masyarakat Gorontalo yang berada diperantauan untuk ikut bersama-sama membangun Gorontalo.

Gorontalo Jadikan Model Dalam Berdemokrasi

Kata Dia, agar memiliki arti tersendiri maka daerah Gorontalo marilah kita jadikan model dalam hal berdemokrasi yang harus kita lakukan secara action. Artinya, Meskipun memiliki multi partai , tetapi bagaimana jika telah usai PILKADA maka kita bergotong royong membangun Gorontalo. Pemimpin di daerah jika telah terpilih harus merangkul partai yang lain. Begitu juga sebaliknya jika ada pemimpin yang telah terpilih maka kita harus mendukungnya, dan jika cara ini  terlaksana dengan baik maka insya  Allah Indonesia akan seperti itu. Demikian kata mantan presiden ke tiga itu.

                Masih ditempat yang sama menteri Perhubungan E.E. Mangindaan  , juga mengatakan akan memperhatikan daerah dan rakyat Gorontalo. ia berharap masyarakat Gorontalo untuk percaya kepadanya ikut menyelesaikan apa yang menjadi kebutuhan daerah dan rakyat Gorontalo. Dengan menggunakan bahasa  Manado bercampur Gorontalo mantan Gubernur Sulawesi Utara itu,  mengatakan  Babadiam jo ngoni.  percayakan sama kita, Nyanda usah ribut-ribut. pokoknya tau-tau ngoni lia itu barang,  so jadi.  Supaya biar nyanda Bohuang Gango. Demikian kata Mangindaan panggilan akrbanya.

                Dalam acara itu LAMAHU juga tidak hanya memfasilitasi pertemuan Gubernur dengan menteri akan tetapi LAMAHU juga memberikan penghargaan kepada para pejabat dan tokoh baik yang berada di Gorontalo maupun diluar Gorontalo yang antara lain :   Gubernur / wakil Gubernur Provinsi Gorontalo yaitu Drs.H. Rusli Habibie, M.Ap. DR.Drs.H.Idris Rahim. MM. Bupati/wakil Kabupaten Boalemo Drs. Roem Pagau - Lahmudin , Bupati/wakil Kabupaten Gorontalo Utara  Indra Jassin - Idrus MT. Mopili,  SE. MM.  Bupati / Wakil Kabupaten  Pohuwato, H.Syarif  Mbuinga, S.Pd.MM - Drs H.Amin Haras. Plt. Bupati  Kabupaten Boalemo Hamim Pou, S.Pd. MH. dan Bupati/wakil kabupaten Gorontalo H. David Bobihoe Akib dan Tonny Yunus. Sementara  nama warga Gorontalo di perantauan antara lain DR,H.Rachmat Gobel, jabatan Ketua Umum Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia ( METI ) ,DR.Hj. Reyna Usman, jabatan dirjen. BINAPENTA ( Direktur Jenderal Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja ) di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI,  Brigjend. Pol. Drs. Yotje Mende, jabatan Kapolda KEPRI ( Kepulauan Riau) , Brigjen.Pol. Drs. Hengke Kaluara, jabatan Waka Polda Jawa Barat. Brigjend.Pol. Rusli Nasution, Waka Polda Kalimantan Timur, Brigjend.Pol. Alvons Tolohula, Waka Polda Sulawesi Tenggara, Walikota Tarakan Udin Hianggio , Softan Mile Bupati Luwuk  ( Sulawesi Tengah ) dan Zainnudin Bupati Bulukumba.Sulawesi Selatan.dan DR.H.Iwan Bokings mantan bupati Boalemo

Abdullah Lahay, ketua bidang Informasi dan komunikasi di LAMAHU, mengatakan tujuan pemberian penghargaan dari LAMAHU kepada para pejabat dan tokoh tersebut, tak lain hanyalah memberikan penghargaan atas prestasi mereka melalui profesi dan keahlian pada masing – masing bidang yang dipercayakan oleh rakyat dan Negara untuk mengemban tugas masing masing. Ia membantah, jika pemberian penghargaan ini disamakan dengan acara Anugerah Gorontalo atau yang sering dipakai istilah LAMAHU AWARD.

Menurut Lahay, pemberian penghargaan ini sangat berbeda dengan cara pemberian ANUGERAH GORONTALO. Sebab penerima “ Anugerah Gorontalo” , diberikan hanyalah kepada mereka yang telah memperlihatkan prestasi kerja memiliki manfaat untuk rakyat, negara dan bangsa. melalui profesi mereka masing – masing. Jadi,kalau saat ini mereka diberikan penghargaan sebagai orang yang telah mendapat tugas dari negara untuk rakyat dan belum bisa dikatakan telah berprestasi sebab masih dalam proses bekerja. Demikian tegas Lahay ( sapaan dekatnya). 004-MG-Ibrahim

Tidak ada komentar: